Sabtu, 05 Oktober 2013

Inilah 9 Fitur Unik & Tersembunyi di Google


Merayakan ulang tahun ke-15, Google mengungkap fitur unik dan tersembunyi di Google yang melengkapi banyak fitur rahasia lainnya. Apa saja?

Tahukah Anda bahwa Google menyimpan banyak fitur unik? Google ternyata memiliki banyak fitur tersembunyi di dalam mesin pencarinya.

Berbagai fitur ini diluncurkan menandai tiap pencapaian yang berhasil diraih Google, atau untuk mengingat sejumlah momen tertentu.

Untuk memudahkan melihat beberapa fitur uniknya, Anda bisa masuk terlebih dahulu ke laman awal Google.com versi aslinya, lalu pilih settings > search settings > google instant predictions > dan pilih 'never show instant results'.

Dikenal sebagai 'Google Easter Eggs', berikut sembilan fitur unik dan tersembunyi yang ada di Google:
Inilah 9 Fitur Unik & Tersembunyi di Google



Gravity

Ingin melihat laman awal Google yang tiba-tiba hancur terpecah-belah ke bawah monitor Anda? Masukkan kata 'Google Gravity' di kata pencarian laman awal Google, lalu klik tombol 'I'm feeling lucky' atau 'Saya lagi beruntung'.

Laman Google pun seketika akan hancur terbelah ke bawah monitor Anda. Sangat unik.







Askew

Memunculkan fitur unik ini sangat mudah. Masukkan kata 'Askew' di kata pencarian kemudian tekan Enter. Seketika tampilan Google pun akan berubah menjadi miring dengan tulisan aneh. Ada-ada saja.






Chuck Norris

Ada hubungan apa Google dengan aktor laga populer ini? Untuk mengetahuinya, masukkan kata 'Chuck Norris' di kata pencarian laman awal Google, lalu klik tombol 'I'm feeling lucky' atau 'Saya lagi beruntung'.

Laman Google pun seketika akan berubah menjadi laman yang khusus didekasikan untuk aktor laga yang dikenal dengan janggut khasnya ini. Keren bukan?

 





Pacman

Masih ingat dengan game klasik unik ini? Google menjadikan game Pacman yang awalnya menjadi Doodle mereka menjadi game yang bisa dimainkan selamanya di Google.

Cara memainkannya adalah dengan masuk ke google.com/pacman.





Mentalplex

Awalnya fitur ini dibuat untuk April Mop tahun 2000-an, namun ternyuata masih bisa digunakan hingga saat ini. Kegunaannya adalah untuk mengerjai rekan Anda yang kurang fasih dengan internet.

Caranya adalah dengan masuk ke google.com/mentalplex
 







Ninja

Fitur unik ini adalah untuk Google Reader. Cara menggunakannya adalah masuk ke Google Reader, lalu tekan kursor dan tombol berikut di keyboard: atas, atas, bawah, bawah, kiri, kanan, kiri, kanan, B, A.

Kemudian seorang Ninja lucu akan muncul di layar monitor Anda dan di kotak pencarian. Fitur ini bahkan masih berfungsi di versi teranyar dari Google Reader.






Monster Nessie

Jika Anda mengganti tema laman Google Anda dengan iGoogle, Anda bisa mencoba fitur unik ini dengan cara menggantinya dengan tema pantai.

Kemudian, tunggu sampai jam di komputer Anda menunjukkan waktu pukul 3:14 pagi, atau bisa juga dengan mempercepat waktunya.

Monster laut legendaris Nessie dari danau Loch Ness di Skotlandia pun akan muncul di layar Anda pada jam tersebut.








Flight Simulator

Fitur unik Flight Simulator atau simulator penerbangan ini bisa ditemukan di Google Earth. Caranya adalah dengan mengklik Tools > Enter Flight Simulator.

Anda tiba-tiba akan berada dalam sebuah simulasi pesawat terbang dan dapat menggunakannya untuk 'terbang' ke wilayah manapun. Keren bukan?







Google in 1998

Fitur ini adalah fitur unik terbaru yang diluncurkan Google demi merayakan hari jadi ke-15 sejak diluncurkan pertama kali pada 1998.

Caranya adalah dengan memasukkan keyword 'Google in 1998' di halaman pencari Google, dan tampilan Google seketika akan berubah ke versi di tahun tersebut.

Bukan hanya berupa tampilan, Anda juga dapat melihat hasil pencarian aktual dari kata 'Google' pada 1998.

Pada saat itu, pencariannya hanya menghasilkan sekitar 234.000 hasil. Bandingkan dengan meng-googling 'Google' saat yang akan memberikan 9.450.000.000 hasil.

Tetapi Anda hanya dapat melihat halaman pertama dari hasil pencarian di tahun tersebut, dan tidak bisa mendapatkan hasil keyword lainnya kecuali 'Google'.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar