Senin, 08 April 2013

Ronaldo, Tak Sekedar Pesepakbola Hebat!



Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, begitulah nama lengkap pemain bola termahal ini. Rasanya sedikit sekali orang yang tidak mengenalnya di dunia ini. Lelaki kelahiran tanggal 5 Februari 1985 di Funchal adalah seorang pemain sepakbola berkebangsaan Portugal. Anak dari Maria Dolores dos Santos Aveiro dan José Dinis Aveiro. Dia memiliki kakak laki-laki bernama Hugo dan dua kakak perempuan, Elma dan Liliana Cátia. Liliana Bekerja sebagai penyanyi dengan nama panggung “Ronalda” di Portugal. Nama kedua yang diberikan kepada Cristiano (”Ronaldo”) relatif langka di Portugal. Saat ini ia bemain di klub Real Madrid di posisi sayap kiri.


Ronaldo atau yang juga populer dengan nama CR7, adalah pemain bola terkenal di dunia. Kiprahnya di kancah sepak bola Eropa tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak prestasi yang sudah ia raih, dari semenjak membela Manchester United; yang merupakan klub yang membesarkan namanya, sampai dengan saat ini bersama Real Madrid.

Namun, Ronaldo bukan sekedar pesepakbola sejati. Ada sisi lain dari kisah hidupnya yang patut diacungi jempol. Sikap solidaritas dan rasa kemanusiaan yang tinggi amat melekat pada pribadinya. Memang, sebagian orang atau media melebeli pemain termahal ini dengan sebutan “pemain sombong”. Tapi, tengoklah apa yang diperlihatkan oleh Ronaldo pada dunia.

Mantan penggawa Manchester United itu dengan penuh keikhlasan memberikan sepatu emas yang diraihnya musim 2011 kepada kepada lembaga amal klubnya. Hal itu dilakukan pemain berjuluk CR7 itu untuk membantu anak-anak Palestina.

Laman Qodsna pada akhir tahun lalu mengabarkan, lembaga amal Real Madrid melelang sepatu emas milik Ronaldo itu hingga 1,4 juta euro alias Rp 16,77 miliar. Uang hasil lelang itu disumbangkan untuk membangun beberapa sekolah yang hancur di sepanjang di Jalur Gaza. Dukungan Pemain Terbaik Dunia pada 2008 tersebut tidak berhenti sampai di situ.

Sebelumnya ketika masih memperkuat tim Iblis Merah, dalam sebuah acara Ronaldo.mengenakan kafiyeh alias syal Palestina. Tindakannya itu mendapat kecaman hebat dari lobi-lobi Zionis dan media barat. Beberapa media barat yang berafiliasi dengan Yahudi seakan memusuhinya dan mencitrakan segala keburukannya.

Namun ada juga sebagian media Inggris menyebut aksi Ronaldo itu sebagai bentuk kemanusiaan. Ia menunjukkan kepedulian dan solidaritasnya terhadap krisis Palestina dan warga Jalur Gaza. Ronaldo dikabarkan pernah langsung berkunjung ke tanah pendudukan Palesrina pada 2007 dan 2005.

Di sana dia disambut suka cita oleh warga Palestina dan mendapat pengawalan ketat. Tapi lagi-lagi Ronaldo dikecam media yang pemiliknya mendukung kebijakan pemerintah Zionis.
Kenyataan yang tekini dari Ronaldo sebagai bentuk dukungan terhadap nasib Bangsa Palestina dapat kita lihat saat pertandingan sepakbola antara Portugal melawan Israel.

Saat itu pada hari Jumat tanggal 22 Maret 2013 di pertandingan kualifikasi Piala Dunia Grup F, seperti diberitakan oleh Antara, Portugal bangkit dari ketertertinggalan 1-3 untuk menyamakan kedudukan pada masa tambahan waktu saat melawan Israel, pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia Grup F Jumat, hasil yang membuat kedua tim memiliki peluang sama untuk lolos. 

Di akhir pertandingan, Cristiano Ronaldo terlihat jelas menolak bertukar kostum dengan pemain Israel. Pemain Israel mendekati Ronaldo untuk bertukar kostum, namun ia tidak mengindahkan pemain Israel tersebut. Menurut laporan Shabestan, wartawan televisi Aljazeera sempat bertanya kepada Ronaldo, Anda saat ini berada di tanah Israel atau Palestina? Bintang dunia asal Portugal ini dengan tegas menjawab, "Saya berada di bumi Palestina!."

Cristiano Ronaldo terkesan cuek, dan tetap mengenakan kostum kebesarannya dengan nomor punggung 7 hingga masuk ke kamar ganti pemain. Sikap boikotnya itu, dikutip stopwar.org.uk, Senin (25/3/2013), sebagai bentuk dukunganCristiano Ronaldo terhadap Palestina. Karena itu, ia tidak seperti biasanya yang cukup ramah dengan bertukar kaos dengan pemain lawan. 

Di situs Youtube, video Cristiano Ronaldo menolak bertukar kostum atau kaos dengan pemain Israel dapat disaksikan dalam video berjudul 'Cristiano Ronaldo refused to exchange his T-Shirt with Israel players'. Banyak tanggapan yang muncul setelah melihat video pemain termahal di dunia itu. Pemilik akun Yraoulaa berkomentar, "Paaaaaaaalestin, GOOOO CR7." Akun bernama Farooq Hammad berharap Ronaldo mendapat bimbingan dari Sang Pencipta atas sikapnya itu. "May Allah guide him to right path," harapnya. 

Semoga saja apa yang dipertontonkan oleh Ronaldo menjadi contoh bagi pemain lainnya atau bahkan dunia tentang arti sebuah nilai kemanusian!






gambar dan sebagian konten dikutip dari dakwatuna.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar