Selasa, 08 Juli 2014

Semi Final PD 2014; Pertarungan Gengsi Di Luar Lapangan Hijau




Dua musuh bebuyutan akan beradu muka pada pertandingan semi final Piala Dunia di Brasil. Bagi mereka menyarangkan kulit bundar ke jaring lawan bukan tujuan utama.


Adidas dan Nike bersaing ketat dalam merebut hati konsumen dengan menceburkan duit miliaran dolar untu kampanye pemasaran. Hingga semi final yang digelar Selasa (malam WIB atau siang di Brasil), empat tim yang berlaga masing-masing mengenakan kaus bikinan Adidas atau Nike.

Pada Selasa (8/7/2014), dua merek ini akan menjadi bagian persaingan sengit antara tuan rumah Brasil (dengan sponsor Nike) melawan Jerman (Adidas). Keesokan harinya, Belanda (Nike) akan menantang Argentina (Adidas).

Membeli hak sponsorship bukanlah murah. Nike – merek olah raga paling kuat di dunia – mengelontorkan duit lebih dari US$ 3 miliar pada tahun yang sedang berjalan ini “untuk kebutuhan pemasaran, periklanan dan promosi.

Pada laporan keungan Nike, khusus hanya pada kuartal terakhir (April-Juni) Nike membelanjakan biaya pemasaran US$ 876 juta, naik 36 persen dibanding pengeluaran sepanjang tahun lalu. Melonjaknya pengeluaran untuk pemeasaran ini tentu terkaitan pesta bola Piala Dunia Brasil 2014.



Adidas, tidak seperti Nike, adalah salah satu partner resmi FIFA sejak 1970. Bersama sponsor utama lainnya (seperti Coca-Cola, Emirates, Hyundai, Sony dan Visa), Adidas membayar $25-50 juta per tahun untuk hak sponsor FIFA.

Atas pengeluaran tersebut, Adidas memegang hak menggunakan frasa “World Cup” dalam iklan-iklannya, mencetak logo setiap World Cup di bola dan boleh menayangkan logo tersebut di dalam stadion.

FIFA masa kini tumbuh menjadi organisasi bisnis, bukan sekadar induk organanisasi sepak bola belaka. Pada 2013 uang masuk ke pundi-pundi FIFA mencapai lebih dari US$ 400 juta dari hak pemasaran yang terkait dengan Piala Dunia Brasil 2014, atau 29 persen dari penghasilan tahunannya.

Untuk berurusan dengan timnas yang berlaga di Piala Dunia, Adidas atau Nike ya harus merogoh koceknya lagi. Nilai kesepakatan tiga merek yang memasok pakaian 32 timnas finalis Piala Dunia Brasil 2014 mencapai US4 395 juta, naik 40 persen dibanding Piala Dunia Afrika Selatan 2010, menurut penelitian konsultan Jerman Peter Rohlmann, seprti diungkapkan kepada Al-Arabiya.

Tiga merek bersar yang pamer dalam Piala Dunia kaki ini adalah: Nikei yang menggandeng 10 timnas, Adidas sembilan timnas, dan Puma delapan timnas.




Sumber: http://web.inilah.com/read/detail/2117657/semi-final-piala-dunia-adidas-vs-nike#.U7vq1EAu4dW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar