Dua musuh bebuyutan akan beradu muka pada
pertandingan semi final Piala Dunia di Brasil. Bagi mereka menyarangkan kulit
bundar ke jaring lawan bukan tujuan utama.
Adidas
dan Nike bersaing ketat dalam merebut hati konsumen dengan menceburkan duit
miliaran dolar untu kampanye pemasaran. Hingga semi final yang digelar Selasa
(malam WIB atau siang di Brasil), empat tim yang berlaga masing-masing
mengenakan kaus bikinan Adidas atau Nike.
Pada
Selasa (8/7/2014), dua merek ini akan menjadi bagian persaingan sengit antara
tuan rumah Brasil (dengan sponsor Nike) melawan Jerman (Adidas). Keesokan
harinya, Belanda (Nike) akan menantang Argentina (Adidas).
Membeli
hak sponsorship bukanlah murah. Nike – merek olah raga paling kuat di dunia –
mengelontorkan duit lebih dari US$ 3 miliar pada tahun yang sedang berjalan ini
“untuk kebutuhan pemasaran, periklanan dan promosi.
Pada
laporan keungan Nike, khusus hanya pada kuartal terakhir (April-Juni) Nike
membelanjakan biaya pemasaran US$ 876 juta, naik 36 persen dibanding
pengeluaran sepanjang tahun lalu. Melonjaknya pengeluaran untuk pemeasaran ini
tentu terkaitan pesta bola Piala Dunia Brasil 2014.
Adidas,
tidak seperti Nike, adalah salah satu partner resmi FIFA sejak 1970. Bersama
sponsor utama lainnya (seperti Coca-Cola, Emirates, Hyundai, Sony dan Visa),
Adidas membayar $25-50 juta per tahun untuk hak sponsor FIFA.
Atas
pengeluaran tersebut, Adidas memegang hak menggunakan frasa “World Cup” dalam
iklan-iklannya, mencetak logo setiap World Cup di bola dan boleh menayangkan
logo tersebut di dalam stadion.
FIFA
masa kini tumbuh menjadi organisasi bisnis, bukan sekadar induk organanisasi
sepak bola belaka. Pada 2013 uang masuk ke pundi-pundi FIFA mencapai lebih dari
US$ 400 juta dari hak pemasaran yang terkait dengan Piala Dunia Brasil 2014,
atau 29 persen dari penghasilan tahunannya.
Untuk
berurusan dengan timnas yang berlaga di Piala Dunia, Adidas atau Nike ya harus
merogoh koceknya lagi. Nilai kesepakatan tiga merek yang memasok pakaian 32
timnas finalis Piala Dunia Brasil 2014 mencapai US4 395 juta, naik 40 persen
dibanding Piala Dunia Afrika Selatan 2010, menurut penelitian konsultan Jerman
Peter Rohlmann, seprti diungkapkan kepada
Al-Arabiya.
Tiga
merek bersar yang pamer dalam Piala Dunia kaki ini adalah: Nikei yang
menggandeng 10 timnas, Adidas sembilan timnas, dan Puma delapan timnas.
Sumber: http://web.inilah.com/read/detail/2117657/semi-final-piala-dunia-adidas-vs-nike#.U7vq1EAu4dW
Tidak ada komentar:
Posting Komentar